3 Racikan Ban Agar Ban Lebih Awet

Kebanyakan jenis ban yang dijual di Indonesia saat ini masih tergolong standar karena untuk kebutuhan mobil bermesin konvensional. Sayangnya, pemasangan ban standar tersebut pada mobil listrik mengakibatkan ketebalan telapak ban cepat cepat habis hingga 30%. Hal itu dikarenakan kebanyakan mobil listrik memiliki torsi besar sejak awal dipacu atau berakselerasi. Akibatnya, permukaan ban rentan mengalami keausan.

Goodyear, sebagai salah satu produsen ban memiliki racikan ban tersendiri untuk kebutuhan mobil listrik. Misalnya ban Goodyear EfficientGrip Performance Electric Drive Technology, yang sedang ditawarkan kepada produsen mobil global saat ini.
3 Racikan yang Membantu Keawetan Ban
Ban yang cepat aus memang memang merupakan kendala tersendiri yang membutuhkan solusi. Saat ini sudah ada beberapa racikan ban tersendiri yang dibuat untuk mengatasi hal itu. Adapun detailnya adalah sebagai berikut :

1.Membuat alur ban lebih tipis
Racikan pertama adalah dengan membuat alur ban lebih tipis (sempit) yang memungkinkan kontak lebih besar dengan permukaan jalan. Hal ini berbeda dengan alur ban radial tradisional yang bersifat sebaliknya. Ketika kontak semakin banyak, ban tentu bisa mengatasi tingkat torsi yang tinggi. Tapi tentu daya cengkeram ban dalam kondisi basah tetap harus dipertahankan. Selain itu, penerapan desain telapak pada ban juga bermanfaat dalam mencegah gelombang suara memasuki lekukannya, sehingga tingkat kebisingan ban berkurang.

2.Mengoptimalkan rongga ban
Racikan kedua yang juga bisa diterapkan adalah mengoptimalkan bentuk rongga ban. Rongga ban yang optimal sangat efektif untuk mendukung bobot kendaraan, dari tambahan beban baterai. Dengan penerapan ini ban diyakini tetap memiliki performa yang baik.

3.Meramu material senyawa ban
Racikan paling terakhir adalah meramu material senyawa telapak ban untuk memberi rolling resistance yang rendah. Hal ini akan berefek pada peningkatan jangkauan pemakaian ban. Penggunaan ramuan khusus pada desain samping juga efektif membantu mengurangi hambatan aerodinamis. Hal ini diyakini bisa meningkatkan keseimbangan profil ban yang lebih baik, serta mampu  menekan konsumsi energi mobil.

Demikianlah informasi seputar 3 racikan ban agar ban lebih awet dan tidak cepat aus. Penerapan resep pada artikel ini tentu saja penting, karena ban yang lebih awet tentu bisa menekan besarnya anggaran untuk pembelian atau penggantian ban baru.

SHARE

Abang Zaen

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment